Hubungan Seks dengan Menopause pada perempuan

Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan. Seorang wanita disebut memasuki atau mengalami menopause bila yang bersangkutan tidak menstruasi lagi dalam rentang waktu 12 bulan. Usia saat seorang wanita memasuki menopause masih menjadi perdebatan sengit, tapi sebagai pegangan beberapa ahli di bidang menopause memberi ancer ancer umur antara 45 sampai 55 tahun.

Menopause mengakibatkan adanya perubahan pada lapisan dinding vagina. Vagina menjadi kering dan kurang elastis akibat dari penurunan kadar estrogen. Selain itu muncul pula rasa gatal pada vagina dan yang lebih parah adalah rasa sakit saat berhubungan seksual. Perubahan pada vagina ini juga mengakibatkan wanita menopause rentan terhadap infeksi vagina. Turunnya kadar hormon estrogen pada wanita menopause tentu akan menyebabkan tergganggunya beberapa fungsi seksual sehingga sudah bisa dipastikan minat untuk melakukan hubungan intim menurun dengan drastis.

Apakah semua wanita menopause akan mengalami penurunan gairah seksual? Tidak. Faktanya ada beberapa wanita yang telah menopause justru gairah seksualnya meningkat. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh karena adanya penurunan perasaan takut untuk hamil. Saat menopause, seorang wanita juga akan terbebas dari tanggung jawab ngemong anak sehingga mereka menjadi lebih santai untuk berintim ria dengan pasangannya.

Apakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekeringan vagina? Kekeringan vagina dapat diatasi dengan jelly yang berbahan dasar air (K-Y Jelly). Jangan menggunakan jelly yang bukan berbahan dasar air seperti Vaseline karena jelly jenis ini dapat merusak karet latex pada kondom dan menimbulkan iritasi pada lapisan dinding vagina. Untuk mengetahui masalah kekeringan cairan Vagina silahkan Baca Disini

Bagaimana cara meningkatkan gairah seksual pada wanita menopause? Sampai saat ini belum ada obat yang benar benar mampu untuk mengatasi masalah seksual pada wanita. Pengganti estrogen memang bekerja tetapi efektifitasnya masih diragukan berdasarkan beberapa penelitian terakhir. Estrogen dapat mengurangi rasa nyeri saat berhubungan intim dengan cara mengatasi kekeringan pada vagina.

Beberapa dokter mulai menggabungkan antara estrogen dengan hormon seksual laki laki (androgen) untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita. Namun cara ini juga tidak begitu besar manfaatnya. Meskipun masalah seksual masih sangat tabu untuk dibicarakan, namun pilihan untuk berkonsultasi dengan dokter merupakan cara yang paling efektif sampau saat ini. Dokter dapat membantu anda memecahkan masalah seksual yang anda hadapi guna mencarikan alternatif jalan keluar.

Apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan suasana intim dengan pasangan? Suasana intim tidak selalu berkonotasi dengan hubungan seksual. Ungkapan rasa cinta dan kasih sayang dapat diwujudkan dengan berbagai cara. Nikmati waktu anda berdua, bercengkarama, berekreasi dan lain lain.

Untuk meningkatkan keintiman secara fisik, anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
  • Pelajari tubuh anda. Pelajarilah perubahan yang terjadi pada tubuh anda baik secara anatomi, fungsi seksual, kebiasaan seksual, dan hubungannya dengan usia. Hal ini dapat mengurangi kecemasan anda terhadap perubahan fungsi seksual yang terjadi.
  • Menambah stimulasi seksual. Stimulasi seksual dapat ditambah dengan beberapa materi erotis seperti buku atau video, masturbasi dan perubahan rutinitas seksual.
  • Gunakan teknik selingan. Teknik untuk digunakan untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi kecemasan. Termasuk di dalamnya antara lain fantasi erotis maupun non erotis, olah raga, musik dan televisi.
  • Berlatihlah melakukan hubungan intim tanpa kontak seksual. Termasuk di dalamnya pijatan sensual, petting dan lain lain. Cara ini dapat dimanfaatkan pula untuk meningkatkan kenyamanan dan menambah keakraban antara anda dan pasangan anda.
  • Kurangi rasa nyeri sedapat mungkin. Pilihlah posisi posisi hubungan seksual yang sedapat mungkin mengurangi rasa nyeri. Aturlah penetrasi sedemikian mungkin sehingga pasangan anda merasa nyaman dan terhindar dari rasa sakit.
Anda sudah pada tahapan usia menopause? Jangan khawatir, karena seks masih bisa dilakukan bahkan lebih bergairah lagi.