Pertanyaan seputar Menstruasi

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus. Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Menstruasi yang dilansir oleh menstruasi.com:


Q: Normalkah jika wanita selalu mengalami PMS (premenstrual syndrome) setiap menjelang menstruasi?
A: Tentu saja normal. Lagipula PMS itu bukanlah suatu penyakit. PMS hanya merupakan gangguan hormonal yang dialami setiap wanita menjelang menstruasi. Gejalanya yang dialami oleh setiap wanitapun berbeda tergantung dari kadar hormon masing-masing. Dari yang ringan, seperti malas, nyeri pinggang, sakit kepala hingga yang terberat seperti kram perut hebat, migrain hingga pingsan.

Q: Benarkah kesuburan dan kehamilan itu juga ditentukan oleh teratur atau tidaknya menstruasi?
A: Biasanya, ketidakteraturan menstruasi disebabkan oleh masalah hormonal. Namun agar lebih yakin lagi, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan apakah akan terjadi siklus anavulasi (tidak terlepasnya sel telur). Karena, siklus tersebutlah yang bisa menjadi penyebab sulitnya terjadi keamilan. Namun jangan khawatir, dengan menjalani terapi yang dilakukan sejak dini gangguan ini bisa disembuhkan.

Q: Apakah melakukan olahraga berat seperti lari jarak jauh atau fitness, diperbolehkan saat menstruasi?
A: Tentu saja boleh, asalkan pada saat terjadinya pendarahan tubuh tidak merasakan sakit yang berlebihan. Tapi jika telah selesai berolah raga, pastikan tubuh cukup mendapat asupan makanan yang bergizi dan mendapat istirahat yang cukup.

Q: Normalkah jika darah menstruasi yang keluar itu menggumpal?
A: Biasanya, darah menggumpal disebabkan karena darah tersebut tidak langsung keluar dari vagina. Tapi, tertampung dulu sementara di dalam vagina. Dan itu tergolong normal.

Q: Amankah meminum obat penghilang rasa sakit di hari pertama menstruasi?
A: Tentu saja aman. Obat tersebut tidak membayakan kesehatan karena biasanya tidak diminum dalam jangka waktu yang lama. Begitu rasa sakit menghilang atau berkurang, maka segera hentikan pemakaian. Tapi jika rasa sakitnya masih saja belum berkurang, sebaiknya segera hubungi dokter.

Q: Berapa lama wanita akan mendapatkan kembali menstruasinya setelah melahirkan?
A: Akan berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang mendapatkan menstruasinya dalam 40 hari bahkan ada yang sampai 18 bulan. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh karena si ibu sedang menyusui bayinya atau karena si ibu sudah mulai menggunakan alat kontrasepsi.

Q: Bagaimana caranya mengurangi rasa perut kembung saat menstruasi?
A: Beberapa wanita seperti merasa menahan air saat menstruasi sehingga perut terasa kembung. Bila Anda mengalami hal ini, coba kurangi konsumsi garam pada makanan. Cara ini cukup terbukti membantu. Perbanyak konsumsi buah, sayuran dan sereal, serta hindari minuman kola dan makanan berlemak.

Q: Apakah minum minuman dingin selama menstruasi memiliki efek meningkatkan aliran darah?
A: Itu hanya mitos. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun saat wanita mengalami menstruasi, baik dari banyaknya maupun dari rasa sakitnya.

Q: Mengapa saat menstruasi, agak terasa nyeri saat buang air besar di sekitar daerah bagian bawah perut?
A: Pada saat menstruasi tubuh juga sedang mengeluarkan zat peradangan yang akan menimbulkan rasa sakit. Tapi jika sakitnya spesifik pada saat BAB maka sebaiknya diperiksakan langsung keahli kandungan, karena penyakit endometriosis mempunyai karakter yang seperti itu (yaitu keluhan timbul selalu pada saat perdarahan haid.)

Q: Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan?
A: Bisa jadi hal ini terjadi karena tidak adanya sel telur yang matang atau matang tapi tidak pecah (ovulasi). Sehingga tidak ada hormon progesteron yang menyebabkan jatuhnya selaput lendir dalam rahim. Biasanya kasus ini terjadi berkaitan dengan masalah gangguan hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadinya radang atau infeksi. Jika Anda melewatkan siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut sebaiknya segera temui dokter Anda.

Q: Apakah normal pada saat menstruasi hari pertama dan kedua, volume darah yang keluar banyak? Sedangkan pada hari ke 3 darah yang keluar sangat sedikit bahkan nyaris hanya berupa bercak-bercak berwarna cokelat.
A: Asalkan menstruasi terjadi rutin setiap bulan, hal seperti di atas tergolong masih normal. Namun jika Anda telah menikah, sebaiknya pola menstruasi tesebut diperiksakan demi mengantisipasi kondisi ketidaksuburan, dan kematangan sel telur.

Q: Kenapa jerawat saya selalu banyak setiap menstruasi akan datang? Bagaimana cara mengatasinya?
A: Jerawat yang dialami menjelang menstruasi disebabkan pengaruh hormonal. Jagalah kebersihan kulit agar mencegah terjadinya infeksi. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pembersih wajah dan obat yang cocok.

Q: Mengapa hingga usia 21 tahun saya belum mendapatkan menstruasi? Terakhir
saya melakukan terapi hormon karena dokter mendiagnosa saya mengalami hypoplasia. Mengapa hal ini bisa terjadi?
A: Jika sudah konfirmasi Anda mengidap hipoplasi genitalia, maka Anda akan menjalani pengobatan hormonal. Namun, pengobatan ini hanya bertujuan untuk mengembangkan organ seksual sekunder berkembang, misalnya; rambut kemaluan tumbuh, dan payudara berkembang. Sedangkan untuk siklus menstruasi dan keluarnya sel telur (untuk kehamilan nanti ) biasanya susah untuk dicapai.

Q: Mengapa saat menstruasi saya merasakan nyeri di perut bagian bawah ketika BAB (Buang Air Besar)?
A: Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat peradangan yang akan menimbulkan rasa sakit. Tapi jika sakitnya spesifik saat BAB, sebaiknya diperiksakan pada ahli kandungan, karena rasa sakit seperti ini adalah salah satu gejala penyakit endometriosis (gangguan yang terjadi pada endometrium).

Q: Mengapa pada saat menstruasi daerah sekitar vagina saya terasa gatal? Apakah penyebabnya? Dan apa yang harus saya lakukan?
A: Pemakaian celana yang terlalu ketat biasanya akan membuat daerah genital menjadi lembap. Kondisi lembap inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan atau infeksi (salah satu gejalanya adalah rasa gatal). Atasi kondisi ini dengan teratur mengganti pembalut, agar daerah genital tetap kering selama menstruasi. Rasa gatal bisa juga disebabkan karena Anda tidak cocok dengan pembalutnya yang Anda pakai. Jadi, coba ganti dengan jenis lain yang tidak menyebabkan gatal dan iritasi.

Q: Mengapa saya mengalami menstruasi 3 kali dalam sebulan dengan selang waktu hanya 1 minggu?
A: Pola menstruasi seperti itu tidak normal. Pada wanita yang sudah menikah, kasus seperti ini disebabkan oleh banyak faktor, misalnya; terjadi kehamilan, infeksi, atau luka di daerah leher rahim atau vagina. Sebaiknya periksakan langsung kondisi ini pada ahli kandungan, agar ditemukan penyebabnya.